Rabu, 16 Mei 2012

Hukum /dalil fisika


1.hukum Archimedes + 250 tahun sebelum Masehi
Kalau suatu benda di celupkan kedalam sesuatu zat cair ,maka benda itu akan mendapat tekanan ke atas yang sama besarnya dengan beratnya zat cair yang terdesak oleh benda tersebut.
2. HUKUM AVROGADO,1811
Jika dua macam gas (atau lebih) sama volumenya ,maka gas gas tersebut sama banyak pula jumlah molekul molekul nya masing masing,asal temperature dan tekananya sama pula.
3.HUKUM BERNOUILLI,1738
Bagi zat zat cair,yang tidak dapat di mamapatkan dan yang mengalir secara stasioner ,jumlah tenaga gerak,tenaga tempat,dan tenaga tekana adalah konstan.
4.HUKUM BOYLE,1662
Jika suatu kwantitas dari sesuatu gas ideal (yakni kwantitas menurut beratnya)mempunyai temperature yang konstan,maka juga hasil kali volume dan tekanannya merupakan bilangan konstan.
5.HUKUM BOYLE-GAY LUSSAC,1802
Bagi suatu kwantitas dari suatu gas ideal (yakni kwantitas menurut beratnya) hasillkali dari volume dantekanannya dengan temperature mutlajnya adalah konstan.
6. HUKUM COULOMB,1785
• Gaya,yang dilakukan oleh dua kutub magnet yang satu pada yang lain,adalah sebanding laras dengan kuatnya mekanitisme kutub kutub tersebut.
• GAYA,yang dilakukan oleh dua benda (yang masing maisng bermuatan listrik)yang satu pada yang lain,adalah sebanding laras dengan kuatnya muatan listrik dari benda benda tersebut dan sebanding balik dengan kwadrat jarak antara kedua benda itu.
7.HUKUM DALTON
Tekanan dan suatu campuran yang terdiri atas beberapa macam gas (yang bereaksi kimiawi yang satu dengan yang lain)adalah sama dengan jumlah dari tekanan tekanan dari setiap gas tersebut, jelas tekanan dari setiap gas tersebut,jika ia masing masing ada sendirian dalam ruang campuran tadi.
8.HUKUM DULONG DAN PETIT,1819.
Kalori jenis dari zat –zat padat adalah kira kira 6 kalori per grammolecule
9.HUKUM HUKUM GALILEI(AYUANAN),1596
1. Tempo ayunan tidak bergantung dari besarnya amplitude (jatak ayunan )asal amplitude tersebut tidak terlalu besar.
2. Tempo ayunan tidak bergantung dari beratnya bandulan ayunan.
3. Tempo ayunan adalah sebanding laras dengan akar dari panjangnya bandulan ayunan .
4. Tempo ayunan adalah sebanding balik dengan akar dari percepatan yang disebabkan oleh gaya berat.
10.HUKUM HUKUM KIRCHOFF,1875.
1. Jika pelbagai arus listrik bertepatan di suatu titik,makam jumlah aljabar dari kekuatan arus arus tersebut adalah 0 di titik pertepatan tadi.
2. Dalam suatau edaran arus listrik yang tertutup berlaku persamaan berikut :
Jumlah aljabar dari hasilkali-hasilkali kekuatan arus dan tahanan di setiap bagian (dari edaran tersebut)adalah sama dengan jumlah aljabar dari gaya gerak listriknya(G.G.L-gaya elektromotoris )
11.HUKUM LENS,1878.
Jika suatu pengantar listrik di gerakan dalam suatu padang maknit,maka arus listrik yang di induksikan berarah demikian rupa ,sehingga gerak pengantar listrik yang mengakibatkan induksi tadi terrhambat olehnya.
12. HUKUM NEWTON,1687
Dua benda saling menarik dengan suatu gaya yang sebanding laras dengan massa massa dari kedua benda tersebut dan sebanding balik dengan kwadrat dari jarak antara kwdua benda itu.
13. HUKUM OHM,1825
Jika suatu arus listrik melalui suatu pengahantar,maka kekuatan arus tersebut adalah sebanding laras dengan tegangan klistrik yang terdapat di antara kedua ujung penghantar tadi.
14.HUKUM PASCAL,1658
Jika suatu zat cair dikenalkan tekanan maka tekanan itu akan merambat kesegala jurusan dengan tidak bertamabh atau berkurang kekuatanya.
15.HUKUM SNELLIUS,1621
1. 1.jika suatu sinar cahaya melalui perbatasan dua jenis zat car,maka garis semula dari sinar tersebut garis sesudah sinar itu membias dan garis normal di titik biasnya,ketiga tiga garis tersebut terletak dalam satu bidang datar.
2. Perbandingan antara sinus-sinus dari sudut masuk dan bias adalah konstan.
16.HUKUM STEFAN-boltzmann,1898
Jika suatu benda hitam memancarkan kalor ,maka intensitas pemancaran kalor tersebut sebanding laras dengan pangkat empat dari temperature obsolut.
17. HUKUM WIEDEMANN-FRANZ,1853
Bagi segala macam logam murni adalah perbandingan antara daya pengantar kator spesifik dan daya pengantar listrik spesifik suatu bilangan yang konstan,jika temperaturnya sama.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews