Rabu, 21 November 2012

Jenis – jenis jaringan

Jaringan komputer
Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer berjumlah banyak yangterpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya.Dua buah komputer misalnya dikatakan terkoneksi bila keduanya dapat salingbertukar informasi.  Bentuk koneksi dapat melalui: kawat tembaga, serat optik,gelombang mikro, satelit  komunikasi.

1.     Local Area Network (LAN)
Jenis jaringan milik pribadi yang cangkupan wilayahnya satu ruangan satu gedung bahkan beberapa gedung yang berdekatan. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan Komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk  memakai bersama sumber daya (mislnya printer) dan saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan 3 karakteristik: ukuran, teknologi transmisi dan topologi jaringan.

2.     Metropolitan Area Network (MAN)
            Jenis jaringan komputer yang cangkupan wilayahnya mencangkup satu kota /kantor-kantor dan dapat dimanfaatkan secara pribadi atau umum . MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. 

3.     Wide Area Network (WAN)
Jaringan komputer yang cangkupan wilayahnya mencangkup satu negara bahkan mencangkup satu benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin- mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program(aplikasi) pemakai.Mesin ini disebut HOST. HOST dihubungkan oleh sebuah subnet komunikasi atau cukup disebut SUBNET. Tugas subnet adalah membawa pesan dari satu host ke host lainnya. Pada sebagian besar WAN subnet terdiri dari komponen: kabel transmisi dan elemen switching.

4.     Wireless
Jaringan komputer tanpa kabel. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah banyak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibanding jaringan yang menggunkan kabel

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya, Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews